Senin, 29 Maret 2010

isolasi alkaloid

Keyword : ekstraksi, kromatografi, senyawa alkaloid, isolasi alkaloid, biji jintan hitam

Metode ekstraksi dan kromatografi lazim digunakan dalam mengisolasi senyawa alkaloid dari bahan alam. Dalam penelitian ini, dikembangkan metode isolasi alkaloid yang baru menggunakan kafein dan papaverin HCl sebagai model. Sebelum masuk ke isolasi alkaloid, dilakukan reaksi pengendapan yang selektif menggunakan larutan garam bismut. Kation dipisahkan dari endapan dengan menambahkan natrium-ethylendiamintetraacetic pada pH yang optimum. Metode ini dioptimasi dengan cara menentukan jumlah kation yang bereaksi dengan alkaloid dan menentukan pH yang optimum. Pengendapan tiap 1 mol kafein membutuhkan 6 mol kation bismut dan 1 mol papaverin HCl membutuhkan 9 mol kation bismut dan pH optimum dari reaksi adalah 2. Efektivitas isolasi dengan metode ini mencapai lebih dari 90%. Metode ini diterapkan untuk mengisolasi alkaloid dari biji jintan hitam (Nigella sativa L.) dan diperoleh alkaloid 0,13%.

sumber:

PENERAPAN METODE ISOLASI ALKALOID MELALUI PEMBENTUKAN KOMPLEKS BISMUT DALAM ISOLASI ALKALOID DARI BIJI JINTAN HITAM (NIGELLA SATIVA L.)

Oleh : LUTHFI ADHITAMA NURWAN (NIM 10704062), S1 - Department of Pharmacy Undergraduate Theses from JBPTITBPP / 2009-04-17 14:56:39

Tidak ada komentar:

Posting Komentar